Minggu, 21 Januari 2018

بسم الله الرحمن الرحمن

Hadist hari ini Ahad
4 Jumadil awwal 1439 H /21 januari 2018

Jangan mendholimi saudara sesama Muslim
------------------
Sahih al-Bukhori:6634

عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ وَإِنَّكُمْ تَخْتَصِمُونَ إِلَيَّ، وَلَعَلَّ بَعْضَكُمْ أَنْ يَكُونَ أَلْحَنَ بِحُجَّتِهِ مِنْ بَعْضٍ فَأَقْضِي عَلَى نَحْوِ مَا أَسْمَعُ. فَمَنْ قَضَيْتُ لَهُ مِنْ حَقِّ أَخِيهِ شَيْئًا فَلاَ يَأْخُذْهُ، فَإِنَّمَا أَقْطَعُ لَهُ قِطْعَةً مِنْ النَّارِ.

Dari Ummu Salamah ra: Bahwa Rasulullah sholallahu alaihi wassalam bersabda:

Saya hanyalah manusia biasa, dan kalian mengadukan sengketa kepadaku, bisa jadi sebagian diantara kalian lebih pandai berbicara daripada yang lainnya sehingga aku putuskan seperti yang kudengar,. Maka barang siapa yang kuputuskan (menang) dengan mengambil hak saudaranya, janganlah ia mengambilnya, sebab itu seakan-akan aku memberikan potongan api neraka untuknya.

Pesan :
Seorang hakim jugalah manusia yang bisa salah dalam menghakimi. Jika kita pintar berbicara dan bisa membuat hakim atau orang yang berwewenang memihak kepada kita , sementara di saat itu sebenarnya kita dalam posisi yang salah dan justru mengambil hak saudara kita , maka hendaklah kita jangan memanfaatkan kesempatan itu, karena kita mungkin bahagia dan menang di dunia, namun tidak di akhirat.

via Satu Hari Satu Hadist
Semoga bermanfaat
Barakallahu fiikum
___________________

0 komentar:

Posting Komentar

BERSYUKURLAH KEPADA SUAMI karena ALLOH,,,,,,,,,,,,,,,,

 o0o_بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــم_ oOo BAHAGIA itu,,, sangat SEDERHANA (31) oOo السلام عليكم ورحمة الله وبركاته oO...