Sabtu, 03 Februari 2018

SETIAP PENYAKIT PASTI MEMILIKI OBAT

_Dari Jabir bin Abdillah, dia berkata :_
Bahwa Nabi Saw.  bersabda :_

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أَصَابَ الدَّوَاءُ الدَّاءَ، بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

“Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin Allah 'Azza wa jalla.”
*(HR. Muslim)*

*PELAJARAN YG TERDAPAT DLM HADITS :*

1. Hadits di atas memberikan pengertian kepada kita bahwa semua penyakit yang menimpa manusia maka Allah Swt.
turunkan obatnya. Kadang ada orang yang menemukan obatnya, ada juga yang belum bisa menemukannya. Oleh karenanya seseorang harus bersabar untuk selalu berobat dan terus berusaha untuk mencari obat bagi penyakit yang dideritanya.

2. Namun sangat disayangkan, di masa sekarang, terkadang seorang terjatuh pada kesalahan dalam mencari obat.
Itu semua disebabkan karena lemahnya kesabaran dan kurangnya ilmu pengetahuan, baik ilmu tentang agamanya maupun ilmu tentang pengobatan. Mereka berobat dengan cara yang betentangan dengan syari’at, bahkan terjatuh dalam pelanggaran syari’at.  Ada pula yang sampai pada cara-cara kesyirikan dan kekufuran.

3. Ikhtiar yang paling afdhol utk pengobatan adalah *ikhtiar syar'iyah,* yakni ikhtiar yang dibenarkan syariat, seperti berobat ke dokter ahli, minum madu, atau melakukan bekam dan lain-lain yg dibenarkan oleh syari'at.

4. Kita ketahui, bahwa Al-Qur’an bisa menjadi obat mujarab bagi orang yang sakit lahiriyah atau bathiniyah, dengan metoda *Ruqyatul Qu'ran* (dibacakan ayat-ayat Al Qur'an).

Firman Allah Swt. :
_"Wahai manusia !, Sungguh, pelajaran (Al Qur'an) telah datang kepadamu dari Tuhanmu,  penyembuh bagi penyakit dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman."_
*(QS. Yunus/10 : 57)*

5. Syaikhul Islam Ibnul Qayyim -rahimahullah, dalam kitabnya "Zadul Ma’ad", berkata :
_"Al-Qur`an adalah penyembuh yang sempurna dari seluruh penyakit hati dan jasmani, demikian pula penyakit dunia dan akhirat. Dan tidaklah setiap orang diberi keahlian dan taufiq utk menjadikannya sebagai obat._
Jika seorang yang sakit, konsisten berobat dengannya dan meletakkan pada sakitnya dengan penuh kejujuran dan keimanan, penerimaan yang sempurna, keyakinan yang kokoh, dan menyempurnakan syaratnya, niscaya penyakit apapun tidak akan mampu menghadapinya selama-lamanya.
Bagaimana mungkin, penyakit tersebut mampu menghadapi firman Dzat yang memiliki langit dan bumi, yang seandainya diturunkan kepada gunung, maka ia akan menghancurkan-nya.
Atau diturunkan kepada bumi, maka ia akan membelahnya. Maka tidak satu pun jenis penyakit, baik penyakit hati maupun jasmani, melainkan dalam Al-Qur`an ada cara yang membimbing kepada obat dan penyebab (kesembuhan) nya.”
*(Lihat : "Zadul Ma’ad", 4/287)*

*TEMA HADITS YG BERKAITAN DNG AL QUR'AN.*

*Ayat-ayat tentang penyakit dan musibah :*

1. "Dan apabila aku sakit, Dia-lah yang menyembuhkan aku."
*(QS. Asy Syu'ara/26 : 80)*

2. "Dan Kami turunkan dari Al Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang dzalim (Al Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian."
*(QS. Al Isra'/17 : 82)*

3. "Tidak ada suatu musibah yang menimpa (seseorang) kecuali dng izin Allah; dan barang siapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberikan petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."
*(QS. At Taghabun/64 : 11)*

4. "Dan jika Allah menimpakan suatu bencana kepadamu, tdk ada yang dapat menghilangkannya selain Dia. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."
*(QS. Al An'am/6 : 17)*

5. "Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfudz) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh yang demikian itu mudah bagi Allah."
*(QS. Al Hadid/57 : 22)*.

*Sumber :*

1. "Allah menurunkan penyakit dan obatnya". Tulisan Ustadz Abu Adhib, shirathalmustaqim.wordpress.com,
28 Oktober 2013)

2. "Tafsir Qur'an Per Kata" oleh :
Dr. Ahmad Hatta, MA, Penerbit Maghfirah Pustaka, Cetakan Kelima, April 2011.

Semoga manfaat dan sehat selalu

0 komentar:

Posting Komentar

BERSYUKURLAH KEPADA SUAMI karena ALLOH,,,,,,,,,,,,,,,,

 o0o_بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــم_ oOo BAHAGIA itu,,, sangat SEDERHANA (31) oOo السلام عليكم ورحمة الله وبركاته oO...