Rabu, 22 Maret 2017

بسم الله الرحمن الرحيم.

العجبُ كُلَّ العجبِ ممن يهربُ مما لا انفكاك له عنه، ويطلبُ ما لا بقاءَ له معه، فإنها لا تَعمى الأبصارَ ولكن تعمى القلوبُ الًٌتى فى الصُدورِ.

Artinya : Keajaiban yang terlalu ajaib, ialah diantara orang2 yang lari dari sesuatu yang dia tidak akan bisa lepas daripadanya, dan mencari sesuatu yang tidak akan kekal bersamanya.
Sesungguhnya bukan mata kepala yang buta, Tetapi yang buta ialah, mata hati yang ada di dalam dada.

Syarah : menurut pandangan orang2 ahli tasauwuf, bahwa termasu keajaiban yang sungguh terlalu, yaitu ada orang yang lari dan menjauh  dari Alloh, padahal dia tidak mungkin bisa terlepas daripadanya.
Sementara dia selalu men cari sesuatu yang tidak akan bisa kekal bersamanya, yaitu urusan duniawi yang hanya sekedar untuk memuaskan hawa nafsunya.
Sebenarnya itu adalah tanda bahwa mata hatinya yang buta, bukan mata kepala ya.

Atau juga bisa di maksudkan : orang yang lari dari qodho' dan taqdir Alloh, padahal dia tidak mumgkin bisa terlepas dan keluar dari pagar taqdir Alloh.
Sementara dia selalu mencari sesuatu yang tidak akan bisa kekal bahkan mungkin tidak bisa terjadi, yaotu : mencari bagian2 nafsunya dengan berbagai macam usaha, ikhtiyar, dan mengatur2, yang tidak mungkin bisa terjadi kecuali dg kehendak Alloh.

Hakekat tujuan orang hidup di dunia iayalah : selalu berusaha mencari, menuju, dan bertemu Alloh, selalu berusaha,  mencari dan menuju ridho Alloh, selalu berusaha, mencari dan menuju ma'rifat dan wushul ilalloh.

Sumber : KH. Ainurrofiq (  kitab Al-Hikam )

0 komentar:

Posting Komentar

BERSYUKURLAH KEPADA SUAMI karena ALLOH,,,,,,,,,,,,,,,,

 o0o_بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــم_ oOo BAHAGIA itu,,, sangat SEDERHANA (31) oOo السلام عليكم ورحمة الله وبركاته oO...